Membangun Medan Menginspirasi,Penuh Toleransi,Tanpa Gaduh Jalanan

Halo bows~
Ketemu lagi kita di Hidupin Hidupmu, Live Your Life Coz You'll Only Live Once.

Sekarang aku mau cerita tentang hal yang mungkin kita sama sama resahkan yaitu.

sumber: http://assets-a1.kompasiana.com/items/album/2017/06/04/kemacetan-di-jakarta-2017-593405a52b7a619f23f3122c.jpg

M A C E T

Atau kalo di tempat aku tinggal dulu disebutnya Traffic Jam, Seperti yang kita tahu hal ini kerap kali terjadi di Medan akhir akhir ini. Sampai sampai terkadang kita ngerasa kalau Medan itu Jakarta, Udahlah panas, Macet Pula.

Makanya kalau kita sadari akhir akhir ini ketegangan yang terjadi di jalanan Medan itu makin banyak. Mulai dari Angkutan Kota V.S Angkutan Online, Kendaraan Pribadi V.S Angkutan Kota, Sampai Pedagang Kaki Lima V.S Pengendara Jalanan yang sebenarnya tidak ada hubungannya. Cuma mungkin karena udah hari panas dan si pengendara semak lihat kendaraan sampai dia ngajakin gaduh :D

Terus pertanyaan mendasarnya kan kenapa bisa begini?

Kalo ku cari cari seperti kata sebuah artikel dari ilmusipil.com, ini adalah beberapa hal penyebab kemacetan. Yaitu:

* Kapasitas Jalan lebih kecil dari jumlah kendaraan yang ada.
sumber:http://cdn-2.tstatic.net/tribunnews/foto/images/preview/20130511_pelebaran-jalan-tanjung-duren_5417.jpg

* Peningkatan Jumlah kendaraan secara tiba tiba di sebuah daerah tertentu.
sumber:http://www.indothai.co.in/Images/riskprofile_meter.png

*Perencanaan alur jalan raya dan tata kota yang tidak baik.

sumber: Google Maps

*Jalan rusak sehingga mempengaruhi kecepatan laju kendaraan.
sumber: http://cdn2.tstatic.net/medan/foto/bank/images/jalan-rusak-di-sunggal-tribun-medancom_20151103_120326.jpg

*Angkutan Kota yang berhenti seenaknya di jalan untuk mencari calon penumpang.
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com/imagesfile/201304/20130427103421_711.gif

Dari sini aja udah ada pasti yang kalian rasakan sendiri kan?  Atau belum? Kalau belum nanti kalian baru sampai aja di Medan, Makanya belum tau kejamnya jalanan medan :D . Eh ngomong ngomong kalau mau liat artikel lengkap abang ilmusipil.com itu bisa liat disini.

sumber : https://positivepropertysolution.com.au/wp-content/uploads/2016/05/people_questioning.png

T E R U S   S O L U S I N Y A   A P A?

Tenang tenang bows~
Aku gak akan ninggalkan kalian cuma dengan masalah kok, Yok kita sama sama cari solusinya, dimulai dari yang ada di Kepala ku, Terus kalau kalian punya cara lain komen dibawah ya.

Jadi ini adalah solusi solusi kemacetan yang aku bisa munculkan dimulai dari yang paling kecil sampai yang paling gede:

1. Penegakan Hukum


sumber:https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhWjPayBt90Vno7wzgIBMT_kAgMsI7o5DnatYyD13CCRXX9PIwH5Ai9ycEM0d6ycQz0ThNY8Y1_3R5i0FNdHf-dOFKrRckxyUaopnV-KPJjcrDYmfTkQZ9crwYPWc-ND_Ntojm4-OhozBA/s1600/penegakan+hukum.jpg

Ini merupakan salah satu yang jadi masalah dengan kita ketika dijalanan, Sering kali, Pasti bows jugak merasakan bows. Ketika udah agak nampak yang Ijo ijo dijalan (baca: Polantas) pasti udah main jantungnya entah kemana. Dan kalo udah ketemu dan ternyata di nyatakan bersalah pasti ngomongnya "Pak, Damai ajalah kita ya pak". Sampai di titik ini dalam membantu penegakan hukum, Bows sama Pak polisi sama sama punya peran. Pak Polisi sebagai penegak hukum harus tegas untuk tidak menerima apapun bujukan sadis dari para pengendara, Sedangkan bows sebagai pengendara juga harus sadar akan kesalahan dan nggak menguji iman pak Polisi dengan lembaran lembaran bernilai di dompet bows (baca: Duit), Cocok? Oke kita lanjut ke poin 2.


2. Keselamatan Berkendara


sumber: https://pbs.twimg.com/media/Ch5cV01UkAAJ3H9.jpg

Siapa yang ngerasa pernah ngelakuin hal diatas ? Jujur lah bows? Pasti pernah satu posisi itu. Kalok aku jujur aja pernah di posisi otak ku nggak ada. Dengan alasan jarak yang dekat. Dan aku sendiri tersadar karena dulu sempat ada kasus dekat rumah, Jadi ceritanya si Abang ini mau belik makanan di depan jalan, Otomatis kasus nya sama kayak aku malas pakek helm. Dan tau apa yang terjadi?  Ban nya slip di depan gang, karena kebetulan jalanan licin habis hujan, Dan karena gak pake helm, Kepala abang itu jadi luka, Memang gak terlalu parah cuman bayangin kalo pas slip itu tiba-tiba tercampak ke tempat yang padat lalu lintas nya lalu terlanggar, Jadi.. , Dan bows mungkin bilang, Terus kenapa? "Kepala kepala ku sendiri kok", Iya emang betul itu kepala bows, tapi kalo udah bececer di jalanan apa gak nyusahin banyak orang? Orang pada sibuk ngurusin bows yang beserak, Jalanan jadi macet. Satu satunya yang diuntungkan disini cumak copet, Mau bows nguntung kan copet secara sadar? Udah kebayang lah bows ya kan? Nah itu tadi udah ada contoh jadi kita setuju untuk jauh lebih menjaga keselamatan saat berkendara kan bows? Oke lanjut Poin ke 3 dan terakhir. 

3. KESADARAN DIRI

Poin ke tiga ini sengaja aku bold + CAPS sebagai tanda bahwa poin ini menjadi poin kunci dari semua nya. Semua hal di atas gak akan bisa tercipta tanpa adanya kesadaran diri. Nah urusan kesadaran diri ini semua punya tanggung jawab bersama untuk membentuk ketertiban lalu lintas.
       Pertama mungkin kalo yang baca blog ini kita anggaplah sudah tersadarkan dan akan memulai langkah tertib lalu lintas dari diri sendiri.
      Kedua Pemerintah, Sebagai policy maker harus membantu dengan membuat aturan aturan yang membuat para pengendara yang punya niat "nakal" di lalu lintas jera.
      Ketiga Pihak Swasta, Sebagai bagian dari bangsa Indonesia pihak Swasta juga mempunyai tanggung jawab untuk berkontribusi dalam pembangunan ketertiban lalu lintas, Mungkin tidak membuat aturan tapi lebih sebagai penegas (Edukator) di masyarakat. Salah satu pihak swasta yang telah melakukan langkah nyata adalah PT.Astra International Tbk. dalam konsistensi menjadi Inspirasi 60 Tahun Astra yang diwujudkan dalam salah satu cabang program SATU (Semangat Astra Terpadu Untuk) Indonesia.

Salah satu bentuk kontribusi PT. Astra International Tbk. adalah melalui gerakan IAABL (Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas)
Gerakan IAABL ini membuat berbagai macam challange yang meningkatkan kesadaran orang orang untuk tertib lalu lintas melalui rangkaian challange yang nanti nya akan ditaklukan oleh kumpulan orang orang keren yang dipanggil pelopor. Menurutku pribadi langkah ini sangat cerdas dikarenakan dengan adanya gerakan ini dan di masa dimana orang selalu memantau sosial media mereka bahkan dibandingkan mereka memantau sekitarnya. Dan mencari pelopor pelopor yang nantinya akan meng-influence lingkungannya sendiri. Menjadi strategi yang sangat efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat. Bows sendiri kalo mau coba bisa langsung bisa cek di sini . Dan mulai berperan dalam meningkat kan kesadaran kawan kawan bows yang lain untuk tertib berlalu lintas. Selain dapat views, like, juga dapat pahala dan untung untung bisa jadi pelopor dan memenangkan berbagai macam prize yang disediakan.


Udah capek bows? Ngerem dulu lah kita ya, Kalo di gas terus pun bahaya bisa nabrak. Sekian tulisan dari aku hari ini, Semoga tulisan ini bisa ngebantu bows sedikit nge Hidupin Hidupmu. Dan nantinya bows juga bisa membuat dampak yang jauh lebih luar biasa ke lingkungan sekitar. Amin~

*Konten ini merupakan hasil konten mitra bareng Astra Indonesia di event ASTRA SATU Indonesia Tanggal 2 September 2017 


EmoticonEmoticon