Apa Itu Perencanaan Keuangan, dan Bagaimana Saya Bisa Membuatnya?




Apa Itu Perencanaan Keuangan, dan Bagaimana Saya Bisa Membuatnya? - Sebuah rencana keuangan mengatur bagaimana Anda menangani uang sehingga Anda memiliki lebih sedikit stres dan lebih banyak kesuksesan. Ikuti tujuh langkah ini apakah Anda membuat rencana sendiri atau mendapatkan bantuan.

Perencanaan keuangan adalah dokumen komprehensif yang mencakup perincian tentang arus kas, tabungan, utang, investasi, asuransi, dan elemen lain kehidupan finansial Anda. Rencana keuangan yang baik menghilangkan stres dari menetapkan dan memprioritaskan tujuan, dan memetakan strategi yang jelas untuk mencapainya.

Cara membuat rencana keuangan
Anda dapat membuat rencana keuangan sendiri, atau Anda bisa mendapatkan bantuan dari seorang profesional perencanaan keuangan. Tidak peduli rute mana yang Anda tuju, berikut adalah ulasan mengenai perencanaan keuangan dimulai dengan tujuh langkah ini:

1. Tetapkan tujuan

2. Lihat ke mana uang Anda pergi

3. Dapatkan pertandingan majikan itu

4. Bersiap untuk keadaan darurat

5. Menyerang hutang beracun

6. Investasi untuk benar-benar menumbuhkan tabungan Anda

7. Buat "parit" untuk melindungi dan menumbuhkan kesejahteraan finansial

Apakah Anda Memerlukan Bantuan Perencanaan Keuangan?

Perencanaan keuangan bukan satu ukuran untuk semua. Jika Anda bukan tipe DIY atau jika Anda ingin bantuan profesional mengelola beberapa tugas dan bukan yang lain Anda tidak harus melakukannya sendiri. Ada layanan perencanaan keuangan yang sesuai dengan setiap anggaran.

Saya mencari manajemen portofolio saja: Robo-advisors  menawarkan manajemen investasi online yang disederhanakan dan murah. Algoritma komputer membangun portofolio investasi berdasarkan tujuan yang Anda tetapkan dan jawaban Anda atas pertanyaan tentang toleransi risiko Anda. Setelah itu, layanan memantau dan secara teratur menyeimbangkan kembali campuran investasi Anda untuk memastikan Anda tetap di jalur.

Karena semuanya digital, harganya jauh lebih murah daripada menyewa manajer portofolio manusia. (Terdengar tepat untuk kebutuhan Anda? Lihat pilihan teratas kami untuk penasihat robo terbaik). Saya ingin perencanaan keuangan holistik dan saran investasi: Layanan perencanaan keuangan online menawarkan akses virtual ke penasihat manusia. Layanan dasar akan mencakup manajemen investasi otomatis (seperti yang akan Anda dapatkan dari penasihat robot), ditambah kemampuan untuk berkonsultasi dengan tim penasihat keuangan ketika Anda memiliki pertanyaan keuangan lainnya.

Sesuaikan dan kembangkan rencana keuangan Anda seiring berjalannya waktu
Rencana keuangan bukan dokumen statis tetapi alat untuk melacak kemajuan Anda dan menyesuaikan seiring kehidupan Anda berkembang. Anda selalu dapat memulai dengan satu layanan (seperti robo-advisor) dan beralih ke perencanaan keuangan online yang lebih komprehensif ( mempekerjakan perencana keuangan online atau pribadi ) ketika kehidupan Anda semakin kompleks.

Memahami apa yang Anda inginkan adalah yang utama. Jadikan tujuan finansial Anda inspirasional seperti apa Anda ingin hidup Anda kelihatan dalam lima tahun? Bagaimana dengan dalam 10 dan 20 tahun? Apakah Anda ingin memiliki mobil, atau rumah? Apakah anak-anak ada dalam gambar? Bagaimana Anda membayangkan hidup Anda di masa pensiun?

Anda mulai dengan gol karena itu akan menginspirasi Anda untuk menyelesaikan langkah-langkah selanjutnya dan memberikan cahaya penuntun saat Anda berupaya mewujudkan tujuan tersebut. Dapatkan pengertian untuk arus kas bulanan Anda apa yang masuk dan apa yang keluar. Gambaran yang akurat adalah kunci untuk membuat perencanaan keuangan, dan dapat mengungkapkan cara untuk mengarahkan lebih banyak ke tabungan atau pembayaran utang. Semoga bermanfaat!


EmoticonEmoticon