Light Painting : Menangkap Cahaya dari Perspektif yang Beda

Apa itu Light Painting?

Apa kabar bows~
Hari ini aku mau cerita tentang Light Painting yang baru aja aku mau cari tau.
Karena ku tengok cantik kali hasilnya cem gini, Tengoklah!

Source : (Kgrainger)

Source: (qnPhotography)

Paten kan? Paten lah bows.
Nah karena paten itu lah aku pun penasaran lah ya kan. Jadi kucarik carik lah. Dan karena aku udah dapat kubagilah sama kam. Pertama kita samakan pandang dulu tentang 

"Apa itu light painting?"
Light Painting adalah sebuah teknik pencitraan gambar yang menggunakan sumber cahaya bergerak untuk menambahkan cahaya ke dalam subjek foto ketika mengambil foto dengan exposure yang panjang. Selanjutnya aku bakal cerita tentang ...

Pengalaman Light Painting

Berhubung aku jugak masih belajar jadi aku mau berbagi pengalamanku aja nyobain si Light Painting ini menggunakan Camera DSLR/Mirrorless. Untuk yang lebih detailnya aku bakal share lagi nanti ketika aku udah cukup banyak eksperimen dengan teknik ini.

Nah buat kalian yang uda pengen nyobain si Light Painting ini, Berikut adalah bahan dan cara yang aku lakukan ketika pertama kali nyobain Light Painting.
Bahan- Bahan :
1. Kamera DSLR

2. Tripod atau Camera Person
(source: Amazon)

3. Sumber Cahaya (Senter,HP,Dll)
(source: Bluestacks)
Cara :

1.Setting Camera menjadi Manual, Kalok kelen kayak aku yang gak paham paham kali soal fotografi pasti sering jepret jepret auto kan? Sekali kali maen lah kita ke Manual ya kan bows~


(source: BBritnell)
2. Set Shutter Speed nya ke yang paling lama, Aku pakek yang 30  detik. Terus F. atau Bukaan di set ke 5.6 agar tidak terlalu terang maupun gelap cahaya yang ditangkap. Dan terakhir ISO setel di yang paling rendah di aku ISO 100 agar hasil gambar gak berisik a.k.a noise.

(source : Amazon)
3. Kalau kam punya Tripod boleh dipasang kamera di atas tripod, tapi kalau gak punya boleh jugak handheld atau buat DIY seperti yang ada di postingan Belum punya tripod? Atau Ketinggalan? Ini Solusinya! (Klik aja tulisannya) Tujuannya supaya objek fokus dalam frame.


4. Matikan lampu atau berpindah keruangan yang sangat gelap, Pastikan posisi objek ada pada frame. Tekan shutter/ jepretan dan mulailah melukis! 

Biar kam gak bilang kalau aku cuma ngomong aja, Inilah hasil yang kudapat setelah mempraktekkan apa yang aku tulis diatas, Jadi sebuah lukisan abstrak yang aku jual 20 juta kalau kam mau beli.


Itu aku mau nyoba nulis nama sendiri tapi jatuhnya malah kebalik, Udah gitu emanglah tulisan awak jelek, Ya harap maklum aja  ya bows~
Oke itu dulu buat postingan kali ini, dan temukan aku di Facebook dan Youtube.
Semoga postingan ini sedikit membantu untuk menghidupi hidupmu~
Salam Hidupin Hidupmu !

2 komentar

waktu baca semanga, pas baca bahan-bahan
bahan nomor 1 nggak ada
udah deh nggak jadi baca sampai bawah :D

Saya harapkan kesabarannya bang, Nanti bisa kok pakek P9Lite dari kakak yang menang kemaren, caranya malah lebih gampang :3


EmoticonEmoticon