#FridayKnowledge Literasi Digital

 


Tulisan #FridayKnowledge kali ini akan membahas tentang Literasi Digital, Sobat HiHi. Aku yakin bahwa kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah literasi digital. Namun, apakah kamu sudah paham betul dengan konsep dan pentingnya literasi digital dalam kehidupan sehari-hari?

Literasi digital adalah kemampuan dan pengetahuan untuk menggunakan media digital, alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, menciptakan, dan memanfaatkan informasi secara bijak, cerdas, dan patuh hukum sesuai dengan kegunaannya dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai masyarakat yang cakap digital, ada beberapa terapan literasi digital yang harus kita kuasai, antara lain:

a. Membaca / Mengkonsumsi informasi secara bijak
Kemampuan untuk dapat mengkonsumsi dan mencari sumber informasi yang baik merupakan salah satu terapan dari masyarakat yang cakap digital. Aku yakin Sobat HiHi sudah sering mendengar tentang berita hoaks atau informasi palsu yang sering beredar di media sosial. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mampu membedakan mana fakta atau opini serta mana berita yang mengandung kebenaran atau hoax.

b. Keamanan Digital
Kemampuan untuk dapat mengamankan berbagai macam aset digital yang dimiliki, baik itu dokumen, foto, ataupun aplikasi. Termasuk di dalamnya pemahaman untuk membuat kata kunci yang kuat, penggunaan jaringan pribadi untuk hal-hal yang bersifat rahasia seperti Mobile Banking.

c. Komunikasi Digital
Kemampuan untuk dapat menyampaikan pesan sesuai dengan platform yang digunakan, dengan memahami siapa audience di platform digital yang digunakan. Kita bisa meramu pesan agar dapat diterima dengan baik. Contohnya, di LinkedIn, postingan yang kita buat tentunya akan bernada lebih profesional dan formal.

d. Kreatifitas Digital
Kemampuan untuk dapat memanfaatkan platform digital untuk menghasilkan karya dalam format digital, baik itu foto atau video. Contohnya, penggunaan aplikasi Adobe Illustrator atau Canva untuk menghasilkan grafis yang menarik dalam bentuk digital.

Dalam era digital yang semakin maju seperti sekarang ini, kecakapan literasi digital menjadi semakin penting bagi kita. Oleh karena itu, mari bergabung dengan #KomunitasCakapDigital di Medan dan bersama-sama memperkaya pengetahuan dan keterampilan literasi digital kita. Jangan lupa gunakan hashtag #MakinCakapDigital dan #BedaGapapa untuk menunjukkan bahwa kita adalah masyarakat yang cakap digital.


EmoticonEmoticon