#FridayKnowledge Kurang Tidur = Kanker ?


Kenapa dengan Tidur?

Manusia pada umumnya menghabiskan ± 1/3 hidup tidur tapi seringkali banyak yang menganggap tidur hanya sebagai hal yang sudah sewajarnya dikerjakan. Bahkan ada yang menganggap didunia yang serba cepat seperti sekarang, Tidur itu menjadi bagian tidak berguna dalam kehidupan manusia. Realitanya, Tidur adalah salah satu hal yang berperan penting terhadap tubuh makhluk hidup. 
Fun fact : Manusia adalah satu-satunya mamalia yang secara sukarela menunda tidur


Pentingnya Tidur

Secara Hormonal

Pria yang tidur 7-8 jam akan punya tingkat hormon testosterone lebih tinggi dari pria yang tidur hanya 4-5 jam, Bahkan kandungan hormon testoterone pada pria yang tidur 4-5 jam bisa berada di tingkat seolah pria tersebut berumur 10 tahun lebih tua.

Terhadap Kemampuan Otak Belajar

Selama ini kita terlalu fokus untuk memastikan bahwa kita cukup tidur setelah belajar. padahal  cukup tidur sebelum belajar juga menjadi penting karena data menunjukkan otak kehilangan kemampuannya untuk belajar dan menyerap informasi sebanyak 40% dari kekurangan tidur

Terhadap Menghindari Penyakit Kardiovaskular

Data menunjukkan untuk masyarakat yang hidup di 4 musim. Pada musim semi mereka kehilangan 1 jam tidur meningkatkan kejadian serangan jantung sebanyak 24%. Sedangkan, Pada musim gugur dimana mereka bertambah 1 jam tidur, angka serangan jantung menurun sebanyak 21%

Terhadap sistem kekebalan tubuh

Studi menunjukkan adanya penurunan sekitar 70% dalam "Sel Pembunuh Alami" yang bertugas menghabisi sel sel yang buruk dalam tubuh kita. Bahkan WHO sempat menyatakan kerja shift malam sebagai probable carcinogen yang artinya sangat boleh jadi salah satu penyebab kanker. 

Kegiatan biasa bahkan diasosiasikan dengan kemalasan.

Bahkan tak jarang banyak yang meromantisasi begadang sebagai hal yang keren untuk dikerjakan.


Kalo kamu tim yang mana?


#FridayKnowledge kali ini disarikan dari video


Ted Talk


@drmattwalker


Sleep is your superpower


#Sleep #drmattwalker

#TedTalk




EmoticonEmoticon